Sejarah

Sejarah

Melihat gejolak moneter dan politik yang belum kunjung usai terdapat 17 pengembang menengah/kecil dengan tekad bulat, pada tanggal 10 November 1998 memproklamirkan berdirinya APERSI (Asosiasi Pengembang Rumah Sederhana/Sangat Sederhana Indonesia), sebagai wadah perjuangan para pengembang menengah dan kecil untuk bangkit mencari solusi, agar dapat menggulirkan kembali usaha membangun perumahan bagi masyarakat berpenghasilan menengah kebawah.

Pada awalnya APERSI berdiri atas kesamaan visi para pengembang yang bidang usahanya sejenis dalam pembangunan rumah sederhana/sangat sederhana, dan kemudian menjadikan organisasi sebagai sarana untuk penyaluran aspirasi dan memperjuangkan kepentingan para pengembang menengah dan kecil agar mendapat perhatian yang proposional dari pemerintah.

Dalam perjalanannya selama lima tahun itu, dan seiring dengan perkembangan perekonomian nasional yang mulai membaik, serta keamanan dan politik yang semakin kondusif, memungkinkan APERSI secara lambat dan pasti dapat melakukan pengembangan organisasi. Hingga Musyawarah Nasional I (Munas I) APERSI, pada tanggal 9-10 Juni 2003, telah dapat dibentuk 9 (Sembilan ) Dewan Pengurus Daerah (DPD) APERSI, yakni :

DPD APERSI DKI Jakarta
DPD APERSI Jawa Barat
DPD APERSI Jawa Tengah
DPD APERSI Jawa Timur
DPD APERSI Sulawesi Selatan
DPD APERSI Sulawesi Utara
DPD APERSI Sumatera Selatan
DPD APERSI Jambi
DPD APERSI Banten
Jumlah Anggota pada waktu itu baru sekitar 170 pengembang. Sementara itu, dalam perkembangannya pembentukan APERSI di daerah Provinsi terus bertambah, yakni:

DPD APERSI Sumatera Barat
DPD APERSI Kalimantan Barat
DPD APERSI Lampung
DPD APERSI Bali
DPD APERSI Nanggroe Aceh Darussalam
DPD APERSI Riau
DPD APERSI Kepulauan Riau
DPD APERSI Sumatera Utara
DPD APERSI Nusa Tenggara Timur
DPD APERSI Kalimantan Timur
DPD APERSI Bengkulu
DPD APERSI Bangka Belitung
DPD APERSI Kalimantan Selatan
DPD APERSI Kalimantan Tengah
DPD APERSI Nusa Tenggara Tengah
DPD APERSI Maluku Utara
sehingga sampai dengan Januari 2013 menjadi 25 DPD pada 26 Provinsi dengan jumlah anggota 1.798 pengembang. Berdasarkan keputusan Musyawarah Nasional I (Munas I) APERSI, dan sesuai dengan kebijakan Nasional dalam pembangunan perumahan, maka kepanjangan nama APERSI mengalami penyesuaian, menjadi Asosiasi Pengembang Perumahan dan Permukiman Seluruh Indonesia.

Selain hal tersebut dalam rangkaian konsolidasi dan pengembangan organisasi ke depan, DPP APERSI secara bertahap akan melakukan pembentukan APERSI di daerah Provinsi di seluruh Indonesia, sehingga para pengembang perumahan menengah dan kecil yang ada di daerah dapat terbina secara optimal, untuk menunjang Gerakan Nasional Pembangunan Sejuta Rumah.

APERSI

organisasi perusahaan pengembang perumahan dan permukiman yang mayoritas anggotanya berkomitmen pada pembangunan rumah sederhana dan rumah sederhana sehat.

Telepon/fax : 021-29263064 / 021-29067155

Email : dpp.apersi@yahoo.com

Alamat : MT Haryono Square Lt. UG Unit B3B
Jl. MT haryono kav. 10 Cawang Jakarta Timur 13330

Rekening : 00043.01.30.003473 An. DPP Apersi

Maps